Minggu, 04 Maret 2012

Membaca Itu GRATIS!

      Jaman modern itu jaman yang bodoh!  Betul? Bayangkan! Generasi muda sekarang pada malas membaca. Buku semakin tidak laku. Mereka lebih senang datang ke area TimeZone daripada harus datang ke toko buku. Padahal di toko buku tidak harus beli. Sekedar melihat-lihat saja agar setidaknya mereka tahu mana buku terbitan baru, mana buku terbitan lama. Tapi mereka enggan.
      Padahal mereka itu genarasi penerus yang seharusnya lebih pandai. Krena di era yang akan mereka hadapi jauh lebih keras, banyak persaingan, dan mereka dituntut cerdas dalam berbagai aspek. Kalau membaca saja mereka tidak mau, mau pandai darimana? Sekolah? Sekolah juga harus diimbangi dengan membaca.
      Semakin ruwetnya keadaan dunia sekarang, tidak cukup jika para pelajar hanya pasif mendengar penjelasan guru. Melainkan mereka harus aktif dalam menambah dan terus menambah pengetahuan mereka. Salah satunya ya dengan membaca.
      Membaca itu sebenarnya gratis! Tidak harus membeli bukan? Bisa pinjam, bisa googling, browsing atau apalah media lain. Tapi kenapa tetap sulit untuk membudayakan membaca? Tentu saja ada fokus lain yang menjadi salah satu penyebabnya.
      Ini salah siapa? Siapa yang pantas disalahkan jika masyarakat sebagian besar tidak suka membaca? Bukan kalangan remaja saja, bahkan dewasa dan anak-anak malas membaca. Padahal dengan membaca kita bisa pergi kemana-mana. Dan seperti yang saya bilang tadi, GRATIS! Subhanallah...
      Dengan membaca kita akan tahu banyak hal, dengan membaca kita bisa keliling dunia, dan dengan membaca kita bisa menjadi apapun semau kita. GRATIS pula! Jadi apa ruginya mengisi waktu luang dengan membaca??? Memang sulit sekali menjadikan kegiatan membaca sebagai suatu budaya, kebiasaan.
      Kebanyakan lebih senang dengan hiburan yang bersifat material, fisik. Mungkin karena mereka tidak tahu bahwa membaca bisa memberi mereka lebih dari itu. Ya, kepuasan batin. Kepuasan yang benar-benar mengena dari segi dalamnya dan tentunya akan membuat otak bekerja lebih masuk akal.
      Membaca itu menyenangkan, Sobat!:) Percayalah!:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar